Anwar Malaysia berjalan bebas, mengatakan tidak akan bergabung dengan kabinet dalam waktu dekat

Pembalas reformis Malaysia Anwar Ibrahim diberikan pengampunan penuh dan dibebaskan pada hari Rabu, membatasi perubahan dramatis di negara Asia Tenggara sejak pemerintah digulingkan dalam pemilihan pekan lalu.

Pertanyaan untuk Malaysia sekarang adalah bagaimana Anwar akan bergaul dengan Perdana Menteri Mahathir Mohamad, sekutunya yang berubah menjadi musuh, dan peran apa yang akan dia mainkan di pemerintahan yang baru.

Anwar, 70, mengatakan dia ingin mengambil cuti bersama keluarganya dan tidak berniat untuk bergabung dengan kabinet dalam waktu dekat. Dia mengatakan akan mendukung pemerintah yang dipimpin oleh Mahathir dan Wakil Perdana Menteri Wan Azizah Wan Ismail, yang merupakan istri Anwar.

“Saya sudah memberi tahu Tun Mahathir, saya tidak perlu melayani di kabinet untuk saat ini,” kata Anwar, menggunakan sebuah kehormatan untuk perdana menteri.

Anwar telah dirawat di rumah sakit selama beberapa bulan, untuk operasi di bahu. Tapi dia tampak gelisah ketika dia berjalan bebas untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, mengenakan setelan hitam dan dasi, rambutnya tersapu rapi.

Politik berbasis patronase.

Anwar dijatuhi hukuman pada tahun 2015 dengan hukuman lima tahun untuk sodomi, tuduhan yang menurutnya dibuat oleh pemerintah Perdana Menteri Najib Razak yang digulingkan.

Mahathir, dengan siapa Anwar bergabung untuk memenangkan pemilihan Rabu lalu, menyambutnya di istana tempat mereka berdua bertemu raja.

Anwar adalah wakil Mahathir pada 1990-an tetapi jatuh bersama mentornya selama krisis keuangan Asia.

Ia dipecat dari partai yang berkuasa dan mendirikan gerakan Reformasi, menantang pemerintahan Mahathir. Dalam beberapa minggu, dia ditangkap dan dipenjarakan atas tuduhan sodomi dan korupsi.

Gambar-gambar pada saat Anwar bertopeng dan berkacamata di pengadilan dengan mata hitam dan memar membawa kecaman terhadap Mahathir dari seluruh dunia.

Pengadilan Anwar menjadi tontonan, dengan jaksa pada satu tahap mengeluarkan apa yang mereka katakan adalah kasur bernoda air mani yang diduga digunakan ketika dia berhubungan seks dengan dua pembantu laki-laki.

Setelah dibebaskan tahun 2004, Anwar dipenjara untuk kedua kalinya. Kedua kali, ia dan pendukungnya mengatakan tuduhan itu bermotif politik.

Anwar kemudian mengatakan pada konferensi pers di rumahnya bahwa dia telah memaafkan pemimpin veteran, yang merupakan perdana menteri yang garang dan tanpa kompromi selama 22 tahun sejak tahun 1981.

“Aku dan Mahathir telah menguburkan kapak itu, sudah lama sekali,” kata Anwar sambil duduk di meja di bawah tenda yang dipasang di jalan masuk rumahnya, dasinya dan jaketnya lepas dan lengannya digulung, setelah kembali dari istana.

“Saya telah memaafkannya, dia telah membuktikan keberaniannya. Mengapa saya harus menahan dendam terhadapnya? ”Kata Anwar, berbicara di atas pendukung yang terdengar suara klakson mobil dan hujan tropis.

Pengampunan, yang memungkinkan Anwar untuk segera memasuki kembali politik, diberikan dengan alasan bahwa telah terjadi aborsi atas keadilan.

‘FIGHT NOT OVER’
Di bawah pakta pra-pemilihan, Mahathir, 92, telah bersumpah untuk memungkinkan pembebasan Anwar dan akhirnya menyingkir agar dia menjadi perdana menteri.

Pada hari Selasa, Mahathir mengatakan dia mengharapkan untuk menjadi perdana menteri selama satu atau dua tahun lagi, memulai pembicaraan tentang perbedaan baru antara keduanya.

“Melihat dia berjalan bebas membuat saya emosional, tetapi pertarungan belum berakhir,” kata Ridzuan Ismail, seorang pendukung Anwar di rumah sakit. “Sekarang kita perlu melihat dia menjadi perdana menteri.”

Jack Seng, pendukung lain mengenakan kemeja dengan gambar Anwar di balik terali besi, mengatakan dia berpikir Mahathir dan Anwar akan menyelesaikan ketegangan di antara mereka.

“Saya pikir kita perlu membiarkan Mahathir melakukan pekerjaannya untuk menyelamatkan Malaysia dan untuk mendapatkan kembali sistem pemerintahannya.”

Perbedaan telah terjadi antara pendukung Mahathir dan Anwar tentang posisi kabinet dan peran Anwar.

Mahathir adalah pemimpin aliansi yang berkuasa dan Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar memenangkan mayoritas kursi parlemen dalam kelompok tersebut.

“Kasus dasar adalah bahwa Mahathir menyerahkan tongkat ke Anwar. Tetapi Mahathir mungkin enggan untuk menyerahkan kepada musuh bebuyutannya, dan jika dia menyeret kakinya, skenario lain bisa ikut bermain, ”kata Peter Mumford dari Eurasia Group dalam sebuah catatan penelitian.

Mahathir juga berlomba maju dengan penyelidikan korupsi di 1Malaysia Development Berhad (1MDB), dana negara yang didirikan oleh perdana menteri terguling Najib yang tenggelam dalam skandal korupsi multi-miliar dolar.

Mahathir telah menggantikan jaksa agung dan pejabat di lembaga anti-korupsi, dalam apa yang tampak sebagai pembersihan orang-orang yang dilihat sebagai dekat dengan mantan perdana menteri.

Najib dan istrinya, Rosmah Mansor, dilarang meninggalkan negara itu. Najib membantah melakukan kesalahan.

“Tampaknya Najib akan menghadapi kekuatan hukum sepenuhnya,” kata Adib Zalkapli, seorang analis yang berbasis di Kuala Lumpur dengan konsultan risiko Vriens & Partners.

“Baru minggu lalu tidak ada yang menyangka kalau bocah sekolah asrama yang mewah ini akan dibelakang oleh kepala sekolahnya yang lama,” katanya.

Perdana menteri Singapura, Lee Hsien Loong, akan mengunjungi Mahathir pada hari Sabtu, kata kantor Lee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *