Jelaskan Perbedaan Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Jelaskan Perbedaan Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Sebagai salah satu konsep dasar dalam fisika, besaran merupakan suatu hal yang penting untuk dipahami. Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka serta satuan. Terdapat dua jenis besaran dalam fisika, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Namun, apa sebenarnya perbedaan antara kedua jenis besaran ini?

Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran dasar yang tidak dapat dinyatakan dalam satuan besaran lainnya. Di dunia fisika, terdapat tujuh besaran pokok yang digunakan sebagai dasar untuk mengukur besaran lainnya. Tujuh besaran pokok tersebut adalah panjang, massa, waktu, arus listrik, suhu, jumlah zat, dan intensitas cahaya.

Contoh dari besaran pokok adalah panjang. Panjang merupakan besaran dasar yang tidak dapat dinyatakan dalam satuan yang lebih sederhana. Satuan panjang yang umum digunakan adalah meter (m).

Besaran Turunan

Besaran turunan, seperti namanya, adalah besaran yang diperoleh dari kombinasi atau turunan dari besaran pokok. Besaran turunan dapat dinyatakan dalam satuan besaran pokok atau satuan turunan lainnya. Besaran turunan sangat penting dalam fisika karena membantu dalam memodelkan fenomena-fenomena yang lebih kompleks.

Contoh dari besaran turunan adalah kecepatan. Kecepatan merupakan hasil dari perbandingan antara perpindahan suatu benda dengan waktu yang ditempuh. Kecepatan dapat dinyatakan dalam satuan meter per detik (m/s).

Perbedaan Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Perbedaan utama antara besaran pokok dan besaran turunan terletak pada sifat dasar dari kedua jenis besaran tersebut. Besaran pokok adalah besaran dasar yang tidak dapat dinyatakan dalam satuan yang lebih sederhana, sedangkan besaran turunan adalah besaran yang diperoleh dari kombinasi atau turunan dari besaran pokok.

Selain itu, besaran pokok digunakan sebagai dasar untuk mengukur besaran lainnya, sedangkan besaran turunan membantu dalam memodelkan fenomena-fenomena yang lebih kompleks. Besaran turunan juga dapat dinyatakan dalam satuan besaran pokok atau satuan turunan lainnya.

Kesimpulan

Dalam fisika, terdapat dua jenis besaran yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Besaran pokok adalah besaran dasar yang tidak dapat dinyatakan dalam satuan yang lebih sederhana, sedangkan besaran turunan diperoleh dari kombinasi atau turunan dari besaran pokok. Besaran pokok digunakan sebagai dasar untuk mengukur besaran lainnya, sedangkan besaran turunan membantu dalam memodelkan fenomena-fenomena yang lebih kompleks. Penting untuk memahami perbedaan antara kedua jenis besaran ini agar dapat menerapkan konsep fisika dengan benar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Angket dan Kuesioner: Mengenal Lebih Jauh Alat Penelitian

Perbedaan EDP dan EDT: Pemahaman yang Perlu Kamu Ketahui

Perbedaan Paspor dan Visa: Semua yang Perlu Anda Ketahui