Perbedaan TOEFL dan IELTS: Mana yang Lebih Baik untuk Anda?

Pendahuluan

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dan IELTS (International English Language Testing System) adalah dua tes bahasa Inggris yang paling populer di dunia. Keduanya digunakan untuk mengevaluasi kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris, terutama bagi mereka yang bukan penutur asli bahasa Inggris. Meskipun tujuan mereka sama, ada beberapa perbedaan signifikan antara TOEFL dan IELTS. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan-perbedaan ini dan membantu Anda memilih tes yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tujuan Tes

Salah satu perbedaan utama antara TOEFL dan IELTS adalah tujuan tes tersebut. TOEFL lebih umum digunakan oleh lembaga pendidikan di Amerika Serikat dan Kanada, sedangkan IELTS lebih diterima di negara-negara berbahasa Inggris seperti Inggris, Australia, dan Selandia Baru. Jadi, jika Anda berencana untuk melanjutkan studi di Amerika Serikat atau Kanada, TOEFL mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, jika tujuan Anda adalah melanjutkan studi di negara-negara berbahasa Inggris lainnya, IELTS mungkin lebih sesuai.

Struktur Tes

Struktur tes juga merupakan perbedaan penting antara TOEFL dan IELTS. TOEFL terdiri dari empat bagian utama: Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Setiap bagian memiliki format dan jenis pertanyaan yang berbeda. Sebaliknya, IELTS terdiri dari dua modul: Academic dan General Training. Academic IELTS digunakan untuk tujuan pendidikan, sedangkan General Training IELTS digunakan untuk keperluan umum seperti imigrasi atau pekerjaan. Keduanya memiliki empat bagian: Listening, Reading, Writing, dan Speaking, tetapi ada beberapa perbedaan dalam format dan tingkat kesulitan pertanyaan.

Skor dan Penilaian

Cara penilaian juga berbeda antara TOEFL dan IELTS. TOEFL menggunakan skor berbasis skala, di mana skor total berkisar antara 0 hingga 120. Setiap bagian tes dinilai secara terpisah, dan kemudian skor total dihitung berdasarkan skala tertentu. Di sisi lain, IELTS menggunakan skor band, dengan skor keseluruhan berkisar antara 1 hingga 9. Skor band juga diberikan untuk setiap bagian tes, dan skor keseluruhan dihitung berdasarkan skor rata-rata dari semua bagian. Kedua tes ini memiliki standar penilaian yang berbeda, jadi penting untuk memahami skala penilaian masing-masing tes saat memilih.

Waktu dan Durasi

TOEFL dan IELTS juga memiliki perbedaan dalam hal waktu dan durasi tes. TOEFL berlangsung sekitar 4 jam, dengan setiap bagian tes memiliki batas waktu yang ditentukan. Durasi tes IELTS bervariasi tergantung pada modul yang Anda ambil. Academic IELTS berlangsung sekitar 2 jam 45 menit, sementara General Training IELTS berlangsung sekitar 2 jam 30 menit. Jadi, jika Anda tidak ingin menghabiskan terlalu banyak waktu dalam tes, IELTS mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Akreditasi dan Pengakuan

Akreditasi dan pengakuan juga merupakan faktor penting dalam memilih tes bahasa Inggris. TOEFL dan IELTS diakui secara internasional dan diterima oleh ribuan lembaga pendidikan di seluruh dunia. Namun, masing-masing tes memiliki tingkat pengakuan yang berbeda di negara-negara tertentu. Jadi, jika Anda memiliki rencana studi di negara tertentu, disarankan untuk memeriksa persyaratan penerimaan lembaga pendidikan terkait untuk memastikan tes mana yang lebih diakui.

Biaya dan Ketersediaan

Biaya dan ketersediaan tes juga harus dipertimbangkan. TOEFL dan IELTS dapat diambil di berbagai tempat di seluruh dunia. Namun, biaya tes dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan penyelenggaranya. TOEFL biasanya memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan IELTS. Jadi, jika Anda memiliki anggaran terbatas, IELTS mungkin menjadi pilihan yang lebih ekonomis.

Kesimpulan

TOEFL dan IELTS adalah dua tes bahasa Inggris yang populer dan diakui secara internasional. Memilih di antara keduanya tergantung pada tujuan Anda, struktur tes, cara penilaian, durasi tes, akreditasi dan pengakuan, serta biaya dan ketersediaan. Jika Anda ingin melanjutkan studi di Amerika Serikat atau Kanada, TOEFL mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, jika tujuan Anda adalah negara-negara berbahasa Inggris lainnya, IELTS mungkin lebih sesuai. Penting untuk mempertimbangkan semua faktor ini dan memilih tes yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Pro dan Kontra: Apa yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan Vertikal dan Horizontal: Apa yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Angket dan Kuesioner: Mengenal Lebih Jauh Alat Penelitian