Perbedaan Vario 125 CBS dan ISS: Pilih yang Mana?

Perbedaan Vario 125 CBS dan ISS: Pilih yang Mana?

Vario 125 merupakan salah satu skuter matik yang populer di Indonesia. Honda sebagai produsen utama telah meluncurkan beberapa varian Vario 125, termasuk Vario 125 CBS dan ISS. Meskipun keduanya memiliki kesamaan dalam hal performa dan desain, terdapat beberapa perbedaan yang perlu diketahui oleh calon pembeli. Artikel ini akan membahas perbedaan-perbedaan penting antara Vario 125 CBS dan ISS.

Vario 125 CBS

Vario 125 CBS, singkatan dari Combined Brake System, adalah sistem pengereman terbaru yang diterapkan pada skuter matik Vario 125. Sistem ini menggabungkan rem depan dan belakang secara otomatis ketika rem depan digunakan. Dengan kata lain, ketika Anda menggunakan rem depan, rem belakang juga akan aktif secara bersamaan. Hal ini memberikan keuntungan dalam hal kestabilan pengereman dan mengurangi risiko tergelincir saat mengerem.

Keunggulan lain dari Vario 125 CBS adalah adanya fitur pengunci parkir. Fitur ini memungkinkan Anda mengunci roda belakang saat motor dalam keadaan parkir. Dengan demikian, motor tidak akan bergerak secara otomatis meskipun tidak menggunakan rem tangan. Fitur ini sangat berguna saat Anda parkir di jalan yang miring atau tanjakan curam.

Secara tampilan, Vario 125 CBS memiliki desain yang elegan dan sporty. Tersedia dalam beberapa pilihan warna yang menarik, seperti hitam, putih, merah, dan biru. Bagian depannya dilengkapi dengan lampu depan LED yang memberikan pencahayaan lebih terang dan tajam. Bagian belakangnya dilengkapi dengan lampu rem LED yang memberikan keamanan ekstra saat berkendara di malam hari.

Vario 125 ISS

Vario 125 ISS, singkatan dari Idling Stop System, adalah sistem penghemat bahan bakar yang canggih. Sistem ini mematikan mesin secara otomatis saat motor berhenti lebih dari 3 detik dan mesin akan menyala kembali secara otomatis saat Anda memutar gas. Hal ini membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan.

Kelebihan lain dari Vario 125 ISS adalah adanya fitur Smart Key dan Answer Back System. Smart Key adalah kunci pintar yang memudahkan Anda dalam membuka dan mengunci motor tanpa harus menyentuh kunci fisik. Sedangkan Answer Back System memungkinkan motor memberikan sinyal bunyi saat Anda melakukan penguncian dan membuka motor melalui Smart Key.

Tampilan Vario 125 ISS tidak jauh berbeda dengan Vario 125 CBS. Namun, terdapat sedikit perbedaan pada bagian lampu depan dan belakang. Lampu depan Vario 125 ISS menggunakan lampu LED yang memberikan cahaya lebih terang. Sedangkan lampu belakangnya menggunakan kombinasi lampu LED dan lampu rem konvensional.

Perbedaan Lainnya

Selain perbedaan-perbedaan di atas, terdapat beberapa perbedaan kecil antara Vario 125 CBS dan ISS. Vario 125 CBS dilengkapi dengan panel instrumen yang lebih lengkap, termasuk fitur eco indicator yang memberikan informasi mengenai konsumsi bahan bakar secara real-time. Sedangkan Vario 125 ISS dilengkapi dengan panel instrumen yang lebih sederhana.

Di sisi harga, Vario 125 CBS biasanya memiliki harga yang sedikit lebih murah dibandingkan Vario 125 ISS. Namun, perbedaan harga ini bisa bervariasi tergantung pada dealer dan lokasi pembelian.

Manakah yang Harus Dipilih?

Pemilihan antara Vario 125 CBS dan ISS tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing calon pembeli. Jika Anda mengutamakan kestabilan pengereman dan fitur pengunci parkir, Vario 125 CBS bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda menginginkan motor yang lebih hemat bahan bakar dan dilengkapi dengan fitur Smart Key dan Answer Back System, Vario 125 ISS bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun memiliki perbedaan-perbedaan tertentu, Vario 125 CBS dan ISS tetap merupakan skuter matik yang handal dan berkualitas dari Honda. Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan untuk mencoba kedua varian ini secara langsung dan mempertimbangkan kebutuhan serta budget Anda.

Kesimpulan

Perbedaan antara Vario 125 CBS dan ISS terletak pada sistem pengereman, sistem penghemat bahan bakar, fitur-fitur tambahan, serta harga. Pilihlah varian yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Dalam hal performa dan desain, keduanya tidak jauh berbeda dan tetap memberikan kualitas yang baik. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih antara Vario 125 CBS dan ISS. Selamat memilih!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Pro dan Kontra: Apa yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan Vertikal dan Horizontal: Apa yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Angket dan Kuesioner: Mengenal Lebih Jauh Alat Penelitian